Barangsiapa Merendahkan Diri, Ia Akan Ditinggikan

padi-merunduk-1024x576

Bacaan (Lukas 14 : 7-11)

Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan (Lukas 14:11).

Seperti padi, semakin berisi maka semakin merunduk. Saya yakin peribahasa ini sudah tidak begitu asing di telinga kita. Saya yakin juga kita juga pasti sudah tahu artinya. Bahwa orang yang semakin mempunyai banyak ilmu, malah akan semakin rendah hati. Orang yang mempunyai ilmu yang dangkal diibaratkan sebagai padi muda yang berdiri tegak atau congkak hatinya.

Bacaan yang kita baca pada pagi hari ini juga kurang lebih sama dengan peribahasa yang sudah kita kenal itu. Lukas mencatat ketika Yesus datang ke rumah salah satu pemimpin orang Farisi. Disitu Yesus melihat para tamu berebut untuk mendapatkan kursi di tempat yang terhormat. Oleh karena tingkah laku orang-orang tersebut, Yesus memberikan perumpamaan jikalau diundang di dalam sebuah pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab kemungkinan si empunya acara telah mengundang orang yang lebih terhormat dari padamu. Tetapi duduklah di tempat paling rendah, mungkin tuan rumah akan datang dan mempersilahkan engkau duduk di depan, dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan semua tamu yang lain.

Teman Lentera, kembali pagi ini kita diingatkan akan pentingnya sebuah sikap rendah hati. Rendah hati sangat berbeda dan bertolak belakang dengan rendah diri. Rendah hati berarti tidak memposisikan dirinya lebih tinggi daripada orang lain, namun sejajar atau bahkan rela merendahkan sikapnya dibandingkan dengan yang lain. Yesus kembali mengingatkan kita untuk merendahkan diri, terutama ketika kita ingin melayani-Nya, sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Sumber : https://www.lenterahidup.com/barangsiapa-merendahkan-diri-ia-akan-ditinggikan/

Posted in